Apa Sebenarnya Sensor Proximity Yang Terpasang Pada Smartphone Dan Piranti VR

22 Agu 2016

Sensor Proximity adalah salah satu sensor yang ada dalam sebuah smartphone atau pun juga pada perangkat Virtual Reality , selain sensor Accelerometer dan juga sensor Gyro atau Gyroscope.

Dalam Spesifikasi lengkap nya Samsung mencantumkan adanya penggunaan Sensor Proximity dalam piranti Samsung Gear VR .

Baca juga : Samsung Gear VR , piranti game masa depan 

Pertanyaan nya adalah apa sebenarnya fungsi dari Sensor Proximity tersebut ?

Sensor proximity pada samsung gear vr

Sensor Proximity merupakan perangkat yang mendeteksi keberadaan dan kedekatan objek baik berupa logam maupun non logam.


Proximity hanya mendeteksi "keberadaan" dan tidak memberi "kuantitas" dari objek. Maksudnya, jika mendeteksi logam maka keluaran dari detektor hanya "ada" atau "tidak ada" logam.


Proximity tidak memberikan informasi tentang kuantitas logam seperti jenis logam, ketebalan, jarak, suhu dll. Jadi hanya "ada atau tidak ada" logam.Juga sama untuk non logam.


Proximity untuk logam biasanya dengan "inductive proximity" sedang untuk non logam dengan "capacitive proximity".


Didepan disebutkan "perangkat" karena sensor proximity sudah merupakan sirkuit yang terdiri dari beberapa komponen untuk dirangkai menjadi sebuah sistem yang bekerja sebagai proximity sensor.


Bandingkan dengan sensor cahaya (misalnya) : LDR yang betul-betul stand alone/ komponen bukan suatu rangkaian elektronik. ( wikipedia )
Dalam bahasa yang lebih simpel dan sederhana sensor Proximity untuk smartphone digunakan untuk mendeteksi pada saat menerima maupun melakukan panggilan,ketika smartphone menempel pada telinga maka fungsi layar sentuh atau touchscren akan padam sehingga layar tidak akan lagi menerima respon dari sentuhan pipi atau telinga .
Fungsi sensor proximity pada smartphone android atau iPhone

Dan sebaliknya ketika smartphone sudah menjauh atau tidak lagi menempel pada telinga atau pipi maka fungsi layar atau touch screen akan kembali menyala maka otomatis akan menerima respon bila layar di sentuh atau tersentuh.
Sensor Proximity juga berguna untuk penghematan daya baterai pada saat melakukan panggilan maupun menerima panggilan , karena sensor akan segera mematikan layar ketika sudah menempel dengan pipi atau telinga , fungsi ini tidak akan berlaku jika menggunakan fitur speakerphone.

Baca juga : Bikin awet smartphone dengan cara ngecas yang baik dan benar

Selain manfaat sensor Proximity diatas ada kegunaan yang lain dari sensor tersebut , yaitu " Auto On / Off " , fitur ini sering kita temui ketika smartphone menggunakan cover pelindung atau " Flip Chase ".
Dengan adanya sensor Proximity , ketika kita membuka flip  cover maka otomatis layar akan hidup , begitu juga pada saat menutup Cover , maka otomatis layar akan mati .
Dimanakah Sensor Proximity berada ?
letak sensor proximity pada smartphone android atau iphone

Sensor Proximity pada umum nya berada di dekat speaker atas , jika kita perhatikan akan ada 2 titik seperti lensa kecil , ketika melakukan panggilan , smartphone akan kita dekatkan ke telinga maka secara otomatis layar akan mati , selesai melakukan panggilan dan smartphone menjauh dari telinga maka secara otomatis layar smartphone akan kembali hidup.
Yang perlu kita ketahui adalah bahwa ,sensor Proximity bukan hanya bekerja ketika dekat dengan pipi atau telinga saja namun benda apa saja yang menutupi sensor , maka sensor proximity akan bekerja .
oleh sebab itu sensor proximity banyak di gunakan di berbagai lini industri seperti hal nya automotif , alat medis , pertambangan , konstruksi , kemiliteran , bahkan untuk antariksa juga memanfaatkan sensor proximity .
Kita ambil contoh penggunaan sensor proximity untuk bidang otomotif , sensor proximity di pergunakan untuk mendeteksi jarak antar kendaraan sehingga pengemudi akan tahu posisi kendaraan nya dengan kendaraan lain ,sehingga aman untuk parkir dan segala gerak mobil lain nya .


penggunaan sensor proximity untuk industri Automotif

Fungsi sensor proximity dan juga penggunaan nya sudah kita bahas semoga kita semakin tahu sensor apa saja yang di gunakan di dalam smartphone maupun di perangkat Samsung Gear VR atau piranti Virtual Reality selain adanya sensor Accelerometer dan juga sensor Gyroscope
Baca juga : Fungsi Sensor Accelerometer                    Fungsi Sensor Gyroscope
sumber artikel :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Sensor#Sensor_Proximity
- http://siandroid.blogspot.co.id/2015/08/apa-itu-fungsi-proximity-sensor-di.html
- http://www.blankon-ku.com/2014/02/fungsi-sensor-proximity-pada-android.html
- www.google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar